WELCOME

SELAMAT DATANG !di blog "anggasatriawan.blogspot.com" . Budayakan berbagi !!!! Terima kasih sudah berkunjung!

Jumat, 27 April 2012

Penggunaan Keywords pada Website atau Blog

Keywords
Anda sudah mengetahui bahwa suatu website mempunyai meta tag yang salah satunya adalah keyword. Lalu apa kegunaan keyword ini? Yang jelas keyword yang anda gunakan untuk website anda akan memberikan informasi kepada google tentang apa tema utama dari website anda. Misalnya website anda mengulas tentang bisnis internet, maka keyword yang anda pilih tentu saja ‘bisnis internet’, dan jika ada seseorang mencari kata bisnis internet, dan website anda memenuhi kriteria yang dinginkan google, maka bisa saja website anda berada pada peringkat 10 besar. Tapi anda jangan sekali-kali mau ‘ngerjain’ google, misal anda menggunakan keyword ‘bisnis internet’, padahal website anda mengulas tentang ‘resep masakan’. Google itu canggih dan dia bisa mengetahui website mana yang menggunakan keyword relevan dengan kontennya, dan website mana yang ‘asal’ pilih keyword.


Untuk mendongkrak posisi situs anda di google, anda harus mengetahui teknik-teknik penggunaan keyword yang efektif didalam konten website anda., diantaranya sebagai berikut:

a. Jangan menggunakan keyword berlebihan.

Jangan gunakan keyword yang banyak pada website anda. Keyword yang saya maksud disini adalah keyword yang anda masukkan kedalam meta keyword anda. Terkadang seorang pemilik website memberikan banyak keyword ke dalam meta keyword-nya dengan tujuan bisa mendapatkan traffic yang lebih banyak. Hal ini justru akan membuat anda terkesan tidak kompeten dimata pembaca dan robot search engine. Idealnya gunakan tidak lebih dari 3 keyword saja untuk setiap halaman website. Misalkan anda mempunyai website tentang basket, anda bisa gunakan keyword seperti ‘main basket’, ‘bola basket’ dan ‘belajar basket’. Cukup 1-3 keyword saja tetapi jika anda bisa mengoptimisasinya dan menembus peringkat 10 besar google maka itu lebih baik dari pada anda menggunakan 10 keyword tetapi tidak ada satupun yang berhasil menembus peringkat google.

b. Tulis informasi yang jelas dan detail.

Anda pernah membaca sebuah tulisan yang tidak jelas artinya dan terus menerus mengulang kata yang sudah ditulis? Perasaan saya sangat tidak nyaman jika membaca tulisan seperti itu. Konsumen anda akan merasa sangat kecewa jika mendapatkan informasi yang sepotong-sepotong dan kurang jelas. Konten yang mengecewakan akan menurunkan rasio penjualan anda, dan yang lebih parah, seseorang mungkin tidak ingin kembali ke website anda jika dia merasa tidak mendapatkan manfaat apapun dari website anda. Tugas anda sebagai seorang marketer adalah membuat pengunjung anda merasa senyaman mungkin berada diwebsite anda. Jika mereka menyukai anda, mereka bisa saja membeli apapun yang anda jual.

c. Buatlah ‘rasa’ pada tulisan anda.

Cara yang baik dalam menaruh keyword di tulisan anda adalah tempatkan keyword secara natural dan secukupnya. Dalam menempatkan keyword, berikan ‘rasa’ pada tulisan anda agar pembaca bisa merasa nyaman dan robot google juga tidak curiga. Sebarlah keyword anda secara merata disetiap paragraph dan gunakan dalam jumlah yang masuk akal, 2-3 keyword sudah cukup untuk satu paragraph. Ingat, jangan gunakan keyword berlebihan dalam satu paragraph, keyword berlebihan justru bisa membuat google curiga dan situs anda berisiko masuk ke sandbox google. Sandbox adalah tempat pengasingan situs yang dibuat google untuk menaruh situs-situs yang mereka anggap mencurigakan. d. Gunakan keyword didalam judul dan sub-judul. Tulislah judul dan sub-judul pada halaman website anda dengan menggunakan keyword yang anda bidik. Jika judul, sub-judul dan isi paragraph menggunakan keyword utama yang anda bidik, ini akan semakin meyakinkan google bahwa website anda memang memiliki tema relevan dengan keyword yang anda bidik, dan ini juga bisa membantu meningkatkan peringkat anda di google.

e. Gunakan keyword pada awal kalimat dan minimal 1 untuk setiap paragraph.

Aturan ini digunakan oleh banyak SEO copywriters professional. Menempatkan keyword sebagai pembuka kalimat pertama dan menaruh setidaknya satu buah keyword pada setiap paragraph tulisan. Sebagai contoh, misalkan anda membidik keyword ‘bisnis internet’, maka anda bisa menulis kalimat pembuka sebagai berikut: 
Bisnis internet adalah bisnis yang dijalankan paruh waktu dan tidak mengharuskan anda terus menerus…….

Anda lihat kata ‘bisnis internet’ saya tulis di bagian awal kalimat, dan ini dilakukan oleh banyak pakar SEO Karena dianggap cukup efektif meningkatkan penilaian situs kita dimata google.

f. Tulis keyword dengan menggunakan huruf Bold (cetak tebal) atau Italic (cetak miring).

Anda bisa mencetak tebal atau miring keyword pertama yang anda gunakan di tulisan anda. Ini bisa membantu memberikan penegasan kepada pembaca dan juga robot search engine tentang keyword yang anda bidik. Tidak usah menulis semua keyword dengan bold atau italic, cukup satu keyword yang pertama anda tulis saja.

g. Gunakan keyword pada anchor text.

Masih ingat anchor text? Link berbentuk tulisan ini bisa membawa pembaca ke halaman lain website anda atau ke website afiliasi anda. Menggunakan keyword anda sebagai anchor text akan membuat robot google semakin percaya bahwa situs anda memang benar-benar memiliki konten yang relevan dengan keyword pilihan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi